Breaking News

Tips Menyimpan Daging Qurban Yang Benar Agar Tetap Terjaga Kualitasnya

TIPS MENYIMPAN DAGING QURBAN YANG BENAR AGAR TETAP TERJAGA KUALITASNYA
Bismillah, Alhamdulillah... Sahabat MgmpMadrasah yang berbahagia, masih suasana hari Idul Adha atau hari tasyrik, kami yakin banyak dari teman-teman yang banyak mendapatkan daging qurban dalam jumlah banyak sehingga berlebih dimakan dalam sehari, Oleh karenanya kami akan memberikan Tips bagaimana cara menyimpan daging qurban maupun yang lainnya agar tetap terjaga kualitasnya, Tips ini kami kutip dari:
dr. Nanung Danar Dono, Ph.D.
Dir. Halal Center
Fakultas Peternakan UGM
Simak dan ikuti ya...

1. Sebelum disimpan, daging qurban Jangan dicuci. Jika dicuci pakai air kran, kuman-kuman bisa masuk dan tinggal di dalam pori-pori daging. Itu bisa merusak kualitas daging. Nyucinya nanti saja kalau  pas mau di masak dagingnya.

2. Jika dapat daging banyak, jangan menyimpan daging utuh 2-4 kg di dalam freezer. Cara yang benar adalah potong-potong daging berukuran lebih kecil, lalu simpan di dalam plastik-plastik berukuran 1/2 kg atau 1 kg. Jika mau masak, ambil satu kantong kecil, biarkan yang lain tetap beku di dalam freezer. InsyaAllah daging dalam keadaan beku dapat disimpan >1 thn.

3. Sebelum disimpan di-freezer, simpan daging (mampir dulu) di dalam kulkas yang sejuk selama 4-5 jam. Setelah dingin, baru dimasukkan ke dalam lemari es (freezer).

4. Jika mau masak daging beku, jangan mencairkan es daging atau daging beku menggunakan air panas. Cara yang benar adalah letakkan daging beku tersebut di bawah air kran suhu normal (dalam keadaan daging masih terbungkus rapat dalam plastik). Setelah daging kembali empuk, buka plastik, cuci daging hingga bersih, tiriskan, lalu siap dimasak.

5, Tips tambahan :
Jangan memakai kresek warna hitam, karena tas kresek hitam itu adalah hasil daur ulang. Tas kresek daur ulang warna hitam mengandung karsinogen yang dapat memicu sel kanker. Pakailah kresek putih atau plastik bening....!!! 

Baarakallah
Semoga bermanfaat


Sebarkan ke Saudara kita yang lain Semoga menjadi Amal Jariyah



Jazaakumullahu khairan
🌼🍀🌺🌸🍁☘🌻🌹

Tidak ada komentar