Breaking News

Kisah Isra' Mi'raj Nabi Muhammad Saw

KISAH ISRA' MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW


Tatkala Rosulullah Saw. sedang berada di kediamannya datanglah jibril kepada beliau dan mengajak beliau ke masjidil harom, di masjidil haram beliau ditempatkan di Hijir Isma'il, setelah itu beliau Rosululloh di bedah dadanya, di keluarkan hatinya dan dibasuh dengan air zamzam sebanyak tiga kali serta diisi dengan sifat santun, ilmu, keyakinan dan keislaman. 

Dalam membedah dada Rosululloh malaikat Jibril di bantu oleh Malaikat Mikail. Setelah itu beliau diberi Stempel Kenabian, yaitu berupa sepotong daging kecil yang muncul yang terletak di belakang pundak beliau sebelah kiri. 

Kemudian Jibril mendatangkan Buroq dari surga sebagai kendaraan Rosululloh melaksanakan Isro' , 

Kejadian-kejadian saat Nabi Melakukan Isro'. 

Pertama : Sholat Di Thoybah🌹
    
Rosululloh mengendarai Buroq itu di dampingi oleh Malaikat Jibril dan Malaikat Mikail. Beliau melewati beberapa tempat yang belum pernah ditemui, bahkan singgah di tempat-tempat itu.  
Yang pertama,  beliau Rosululloh singgah di suatu tempat yang bernama Dzatu Nahl,
maka Jibril berkata kepada Nabi Muhammad : "Wahai Nabi Muhammad, turunlah dan sholat lah di tempat ini ! " 

Maka Beliau turun dan melaksanakan sholat di tempat itu kemudian kembali menaiki Buroq dan melanjutkan perjalanan.  

Jibril berkata lagi: "Wahai Muhammad, tahukah engkau dimana engkau tadi melaksanakan sholat..?"

Nabi menjawab : "Tidak Wahai Jibril". 

"Ya Rosululloh, engkau sholat di tempat yang namanya Thoybah dan engkau akan hijrah ke tempat itu".

Kedua : Sholat di Madyan🌹

Kemudian Rosululloh melanjutkan perjalanan dengan Buroq tersebut hingga sampai ke Negeri Madyan, di tempat yang terdapat sebuah pohon yang menjadi tempat berteduh Nabi Musa saat keluar dari Negeri Mesir. 
Jibril berkata kepada Nabi : "Ya Rosululloh, turunlah dan sholatlah..!"

Maka beliau pun turun dan melaksanakan sholat di tempat itu kemudian datang ke bukit Thursina, bukit yang menjadi tempat Nabi Musa berbicara dengan Alloh dan Nabi Muhammad Sholat di bukit Thursina tersebut.

Ketiga : Sholat di Baitullahmi🌹

Kemudian beliau meneruskan perjalanan hingga sampai di suatu tempat yang dari tempat itu istana-istana negri syam nampak terlihat jelas,  
maka jibril pun berkata : "Ya Rosululloh, turun dan sholatlah..!!"

Maka beliau pun turun dan melaksanakan sholat di tempat itu.

Setelah selesai beliau kembali menaiki buroq dan melanjutkan perjalanan kemudian Jibril bertanya : 
"Wahai Rosululloh, tahukah engkau dimana engkau tadi sholat..?? " .

Rosululloh menjawab : "Tidak". 

Jibril berkata : "Engkau sholat di Baitullahmi, tempat dimana Nabi Isa AS dilahirkan."

Empat : Dikejar Jin Ifrit🌹

Nabi melanjutkan perjalananya dengn menyaksikan banyak peristiwa, termasuk saat Nabi mengendarai buroq tiba-tiba di belakang beliau ada jin ifrit yang berusaha mengejar beliau dengan membawa nyala api, bermaksud ingin mencelakai Nabi, Jin Ifrit itu selalu mengikuti Nabi,
sehingga Malaikat Jibril bekata kepada Nabi : "Ya Rosulullah, maukah engkau aku ajarkan beberapa kalimat yang apabila engkau ucapkan maka akan padam nyala api Ifrit itu dan dia akan jatuh tersungkur ? " .

Maka Rosul Menjawab : "Iya". 

Jibril berkata : "Ucapkanlah wahai Rosululloh :

أعوذبو جه الله الكريم. وبكلمات الله التامات التي لايجا وزهن بر. 
ولافاجرمن شرماينزل من السماء.
 ومن شر ما يعرج فيها. 
و من شر ما ذ رأ في الارض. ومن شر ما يحر ج منها. 
ومن فتن الليل والنهار.
ومن طوا رق الليل والنهار الاطارق يطرق بخير يارحمن

"Aku memohon perlindungan kepada Alloh, dengan Dzat Alloh Yang Mulia, dan kalimah-kalimah Alloh yang tidak bisa dilewati oleh orang yang baik ataupun yang tidak baik,  aku berlindung dari buruknya apa yang turun dari langit dan yang naik ke langit, dari buruknya apa yang masuk ke dalam bumi dan yang keluar dari bumi, dan dari fitnahnya malam dan siang, dari perkara-perkara yang ada di malam dan siang itu kecuali perkara-perkara yang mengantarkan kepada kebaikan Wahai Dzat Yang Maha Pengasih". 

Dengan doa Nabi itu maka tersungkurlah jin Ifrit itu dan padam nyala apinya.

Lima :  Melihat Ahli Jihad🌹

Maka Rosululloh melanjutkan perjalanannya hingga beliau melihat suatu kaum yang mereka itu bercocok tanam di suatu hari dan memanen hasilnya pada hari yang sama, setiap dipanen maka apa yang mereka tanam kembali tumbuh seperti sedia kala. 

Rosululloh pun bertanya : "Siapa mereka itu Wahai Jibril..?? "

Jibril menjawab : "Merekalah orang-orang yang berjihad di jalan Alloh, pahala dan kebaikan mereka dilipat gandakan sampai tujuh ratus kali lipat, dan apa yang mereka infakkan untuk jihad maka Alloh yang menggantinya".

Enam : Mendengarkan kisah Masyithoh🌹

Selanjutnya Rosululloh menemukan aroma harum maka Rosululloh bertanya : "Ini bau harum apa wahai Jibril..?? 

Jibril menjawab : "Ini adalah bau harum yang berasal dari Masyithoh dan anak-anaknya, tatkala masyithoh menyisir rambut Putri Fir'aun tiba-tiba sisirnya terjatuh, saat mengambilnya Masyithoh mengucapkan "Bismillah Ta'isa Fir'aun" / dengan nama Alloh celakalah Fir'aun.  Mendengar apa yang diucapkan Masyithoh Putri Fir'aun bertanya : 
"Apakah kamu punya Tuhan selain ayahku..??. 
"Iya." jawab Masyithoh. 
"Apakah masalah ini akan aku kabarkan ke ayahku..??" 
 "Iya, silahkan". Maka Putri Fir'aun mengabarkan itu kepada Fir'aun dan akhirnya Fir'aun memanggil Masyithoh untuk disidang. 

"Apakah benar engkau punya Tuhan selain aku..?"  
"iya, Tuhanku dan Tuhanmu adalah Alloh". 

Dan Masyithoh ini mempunyai dua orang anak yang masih kecil dan seorang suami, maka fir'aun menawarkan kepada Masyithoh agar kembali kepada agamanya Fir'aun dan keluarganya selamat atau tetep bertuhan kepada Alloh akan tetapi keluarganya harus mati dalam siksaan Fir'aun. 

Fir'aun Terus menawarkan itu sampai sang suami meninggal, kemudia anaknya yang pertama juga meninggal dalam siksaan Fir'aun. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa siksaan fir'aun adalah sebuah tungku besar yang penuh dengan nyala api. 

Saat hanya tersisa anaknya yang masih bayi, atas izin Alloh bayi tersebut bisa berbicara dan mengucapkan : "Wahai ibu, janganlah engkau ragu karena sesungguhnya engkau berada diatas jalan kebenaran". Mendengar apa yang dikatakan bayinya maka semakin yakinlah Masyithoh dan dua duanya dilempar ke tungku siksaan Fir'aun dan meninggal dalam keimanan kepada Alloh."

Tujuh : Balasan Orang Yang Meninggalkan Sholat🌹 

Kemudian Rosululloh melewati suatu kaum yang kepala mereka itu dipukul dengan Palu besar sampai hancur, lalu kembali utuh dan dipukul lagi sampai hancur , kembali utuh lagi,  dipukul lagi,  begitulah seterusnya.

Maka Rosul bertanya : "Siapa mereka wahai Jibril..??"

"Mereka adalah orang-orang yang merasa berat untuk melakukan sholat fardhu". Jawab Jibril.
*Delapan : Balasan Bagi Yang Enggan Mengeluarkan Zakat*🌹

Kemudia Rosululloh melihat suatu kaum yang mereka diikat dari depan juga diikat dari belakang, mereka diikat layaknya hewan ternak diikat, mereka memakan dlori' (pohon yang berduri), Zaqqum (pohon yang sangat pahit), juga batu-batu panas neraka Jahanam. 

Maka Rosul bertanya : "Siapa mereka wahai Jibril..? ".

Jibril menjawab : "Mereka adalah orang-orang yang tidak menunaikan zakat hartanya".

Sembilan:  Balasan Bagi Zina Muhshon🌹

Kemudian Rosululloh melihat suatu kaum yang di depan mereka ada wadah yang berisi daging yang masih Bagus dan sudah matang dan di wadah yang lain berisi daging yang mentah dan busuk. Mereka memakan daging yang busuk dan membiarkan daging yang Bagus dan matang, 

maka Rosul pun bertanya : "Siapa mereka ini wahai Jibril..?? " .

Jibril menjawab : "Mereka adalah orang-orang dari golongan ummatmu yang sudah mempunyai wanita yang halal baginya juga baik (istri) akan tetapi masih mendatangi wanita lain yang buruk dan menginap bersamanya sampai pagi dan juga seorang wanita yang sudah mempunyai suami yang halal baginya akan tetapi masih mendatangi laki laki lain yang tidak halal baginya juga buruk baginya dan bermalam bersamanya sampai pagi".

Sepuluh: Balasan Bagi Pembegal🌹

Kemudian Nabi melihat ada pohon yang berduri di pinggir jalan, tidak lewat disamping pohon itu kecuali akan terluka.

Maka Nabi bertanya kepada Malaikat Jibril : "Apa ini wahai Jibril..? " . 
"Ini adalah perumpamaan ummatmu yang menjadi begal / perampok jalanan". Jawab Jibril.

Sebelas:  Balasan Pemakan Riba🌹

Kemudian Nabi juga melihat seseorang yang berenang bahkan hampir tenggelam di sungai darah, setiap dia muncul ke permukaan sungai maka sebuah Batu besar jatuh dari atas, mengenai orang itu sehingga membuatnya kembali tenggelam di sungai darah tersebut.

Lantas Nabi bertanya : "Siapa ini wahai Jibril..?"

Jibril menjawab : "ini adalah orang yang makan perkara riba".

Dua belas: Balasan Bagi Orang Yang Meminta Amanah🌹

Nabi juga melihat seseorang yang mengumpulkan kayu bakar dalam jumlah yang banyak, yang sudah tidak mampu lagi untuk di bawanya akan tetapi dia terus mengumpulkan dan membawa kayu bakar itu. 

Maka Nabi bertanya kepada malaikat Jibril : "Siapa orang ini wahai Jibril..? " . 

Jibril menjawab : "Orang ini adalah dari golongan umatmu yang sudah mempunyai beberapa amanat dari orang lain, yang sudah tidak mampu menjalankan amanat itu dengan baik akan tetapi ia terus menambah amanat yang di pikulnya".

Tiga belas: Balasan Bagi Khotib Pembawa Fitnah🌹

Nabi juga melihat suatu kaum yang mereka menggunting lidah mereka dengan gunting dari besi, Setiap terpotong lidahnya maka lidah itu kembali utuh lalu dipotong lagi, utuh lagi, begitulah seterusnya. 

Maka nabi bertanya : "Siapa mereka wahai Jibril..? " . 

Jibril menjawab : "Mereka adalah khotib / penceramah yang membawa fitnah bagi umat, mereka mengatakan apa yang tidak mereka kerjakan".

Empat belas: Balasan Bagi Pengghibah🌹

Kemudian Nabi lewat di suatu kaum yang kuku mereka terbuat dari tembaga yang mereka gunakan untuk mencakar wajah dan dada mereka. 

Maka Nabi bertanya : "Siapa mereka wahai Jibril..? " .

Jibril menjawab : "Merekalah orang-orang yang suka berghibah dan menganggu kehormatan orang lain".

Lima belas: Ucapan Surga🌹

Kemudian Rosululloh mencium bau yang harum seperti aroma minyak misik dan mendengar suara yang enak untuk didengar,

maka Nabi bertanya : "Wahai Jibril,  apa ini...?

Jibril menjawab : "Ini adalah suara surga yang berkata : ''Ya Alloh, datangkanlah kepadaku apa yang telah Engkau janjikan datang kepadaku,, maka sungguh telah banyak kamar-kamarku, sutra-sutraku, permadani-permadaniku, mutiara dan permataku, emas-emasku, perak-perakku, gelasku, piringku, ceretku, madu dan airku". 

Maka Alloh menjawabnya : "Wahai surga, engkau Aku peruntukkan bagi setiap orang Islam, baik laki-laki atau perempuan, yang beriman kepada-ku, kepada utusan-utusan-Ku, yang beramal sholeh, yang tidak menyekutukan Aku dengan apapun. Dan barang siapa yang takut kepada-Ku maka dia akan mendapatkan rasa aman, 
yang meminta kepada-Ku maka Aku akan memberikan apa yang dia pinta, 
yang menginfakkan hartanya di jalan-Ku maka aku akan menggantinya, yang bertawakkal kepada-Ku maka Aku akan mencukupkannya.  
Aku adalah Alloh, yang tidak ada Tuhan selain Aku, yang mana Aku tidak akan melanggar apa yang Aku janjikan. Sungguh bahagia orang-orang yang beriman. Maha suci Alloh, sebaik-baik Dzat Yang Menciptakan". 

Surga menjawab : 
"Iya Ya Alloh, Aku ridho dengan itu semua".

Enam belas : Ucapan Neraka🌹

Kemudian Rosululloh datang di suatu lembah dan mencium bau yang busuk, dan mendengar suara yang tidak enak untuk di dengar, 

maka Nabi bertanya : "Ini apa wahai Jibril...?? . 
Jibril menjawab : ''Ini adalah suara neraka jahannam yang sedang berkata : "Ya Robbi,  Datangkanlah kepadaku apa yang telah Engkau janjikan akan datang kepadaku..!!  , maka sungguh telah banyak rantai dan belengguku, pohon berduri, pohon yang pahit, dan telah banyak semua macam sikasaanku, jurangku telah dalam, panasku telah sangat panas, maka datangkanlah kepadaku apa yang telah Engkau janjikan datang kepadaku..!!  " . 

Alloh menjawab : "Wahai Jahannam,  engkau aku peruntukkan bagi setiap orang musyrik, orang kafir, orang yang buruk prilakunya, yang tidak beriman kepada hari kiamat dan apa yang terjadi setelah hari kiamat". 

Maka jahannam menjawab "Iya Ya Alloh, aku ridlo dengan itu semua".
*Tujuh belas : Rosululloh Sholat di Masjidil Aqsha*🌹

Rosululloh terus melanjutkan perjalanan hingga akhirnya sampai di Kota Palestina, beliau masuk kota itu dari pintu yamani, kemudian beliau turun dari buroq dan mengikat buroq di tempat yang sering digunakan oleh para Nabi terdahulu mengikat hewan tunggangannya.

Beliau masuk ke Masjidil Aqsha dari pintu yang sama dengan arah terbit dan tenggelamnya matahari kemudian dilanjutkan dengan sholat dua raka'at, tidak lama setelah itu banyak yang telah hadir di belakang Rosululloh, ada yang sedang berdiri, ruku' dan sujud. 

Dikumandangkanlah adzan dan juga iqomah, maka orang-orang yang ada dibelakang beliau berdiri membentuk shof sholat sambil menunggu siapa yang akan menjadi Imam mereka.

Jibril meraih tangan Rosululloh dan menuntunnya ke depan, sehingga Nabi menjadi Imam mereka dalam melaksanakan sholat dua rokaat.

Setelah selesai sholat malaikat Jibril bertanya kepada Rosululloh : "Ya Rosululloh, tahukah engkau siapa yang sholat di belakangmu tadi..??

Rosululloh menjawab : "Aku tidak tahu wahai Jibril".

Jibril berkata : "Mereka adalah para Nabi dan Rosul yang pernah diutus oleh Alloh".

Setelah itu Nabi shollallahu alaihi wa sallam merasakan haus yang sangat, maka Jibril Alaihis salam mendatangkan dua wadah,  yang satu berisi khomer dan yang satu lagi berisi susu dan Nabi memilih susu, atas pilihan Nabi ini malaikat Jibril berkata : "Sungguh engkau telah memilih Fithroh (kesucian)  ".

Tidak ada komentar