Breaking News

10 Wasiat Imam Syafi'i Jika Ingin Meninggalkan Dunia ini dengan Selamat

10 WASIAT IMAM SYAFI'I || JIKA INGIN MENINGGALKAN DUNIA INI DALAM KEADAAN SELAMAT


☪️Imam Syafi’I adalah seorang mufti besar Sunni Islam dan juga pendiri Madzhab Syafi’i. Beliau pun masih tergolong kerabat Rasulullah, ia termasuk kedalam Bani Muththalib yaitu keturunan dari al-Muththalib saudara dari Hasyim yang merupakan kakek Nabi Muhammad.

🔰Sebelum wafat, ada 10 wasiat yang disampaikan Imam Syafi’i kepada Para muridnya. Beliau juga sempat mengajak Para Shahabat untuk membuat suatu perubahan terhadap jiwa mereka untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. 


☪️Berikut ini adalah 10 wasiat yang disampaikan oleh Imam Syafi’I mengenai siapa saja yang ingin meninggalkan dunia ini dalam keadaan selamat maka ia harus mengamalkan perkara-perkara ini:

✴️1. HAK (KEWAJIBAN) KEPADA DIRI.
Yaitu dengan cara mengurangi tidur, mengurangi makan, mengurangi percakapan (yakni percakapan yang sama sekali tidak bermanfaat), serta selalu ikhlas dan bersyukur dalam menerima rezeki yang ada.

✴️2. HAK (KEWAJIBAN) KEPADA MALAIKAT MAUT. 
Yaitu dengan cara  mengqadha’kan segala kewajibannya yang tertinggal, dengan memohon dan mendapatkan maaf dari orang yang telah kita dhalimi, mempersiapkan diri (membuat persediaan) untuk mati serta merasa bahwa diri kita sangat cinta kepada ALLAH SWT.

✴️3. HAK (KEWAJIBAN) KEPADA KUBUR.
Yaitu dengan cara  membuang tabiat kegemarannya dalam menabur fitnah, jangan suka kencing merata-rata, memperbanyak sholat tahajjud serta selalu membantu orang-orang yang didhalimi.

✴️4. HAK (KEWAJIBAN) KEPADA MUNKAR DAN NAKIR.
Yaitu dengan cara tidak berdusta (janganlah berkata dusta), jujur (sering berkata benar), meninggalkan segala bentuk maksiat, serta memberi nasihat (nasehat-menasehati).

✴️5. HAK (KEWAJIBAN) KEPADA MIZAN.
Yaitu dengan cara menahan (sikap) kemarahannya, perbanyaklah berdzikir (dzikrullah), selalu ikhlas dalam amalan-amalannya, serta sanggup menanggung (berbagai) kesusahan/ kesulitan.

✴️6. HAK (KEWAJIBAN) KEPADA SHIRAT.
Yaitu dengan cara  membuang tabiat yang suka mengumpat, bersikap wara’, senang dan suka membantu orang yang beriman, serta senang berjamaah (suka hidup dalam suasana berjamaah).

✴️7. HAK (KEWAJIBAN) KEPADA PENJAGA NERAKA (MALIKAT MALIK).
Yaitu dengan cara  menangis takut kepada ALLAH SWT, memperbanyak sedekah, selalu berbuat kebaikan terhadap kedua orang tua (ibu dan bapa) serta memperbaiki akhlaknya.

✴️8. HAK (KEWAJIBAN) KEPADA PENJAGA SYURGA (MALIKAT RIDWAN).
Yaitu dengan cara  Ridho terhadap Qhodha’ ALLAH SWT, serta selalu bersyukur atas karunia Allah SWT dan bertaubat.

✴️9. HAK (KEWAJIBAN) KEPADA BAGINDA RASULULLAH MUHAMMAD SAW.
Yaitu dengan cara sering bershalawat kepada Rasulullah SAW, selalu berpegang teguh kepada sunnah Rasulullah SAW, serta berlomba-lomba (bersaing) dalam memperbanyak ibadah kepada Allah SWT.

✴️10. HAK (KEWAJIBAN) KEPADA ALLAH SWT.
Yaitu dengan cara : Mengajak umat manusia menuju arah kebaikan, mencegah umat manusia dari hal kemungkaran, serta suka terhadap ketaatan (taat pada Allah SWT) dan membenci berbagai kemaksiatan.

Insya Allah, jika kita mengamalkan perkara-perkara yang disebutkan/ diwasiatkan oleh Imam Syafi’i diatas kita bisa menjadi salah satu orang yang dijanjikan surganya Allah di hari akhir nanti. Aamiin...🤲🤲🤲.

Tidak ada komentar