https://1.bp.blogspot.com/-WI1cHtLg5Xg/W6L65va5O5I/AAAAAAAAXHY/ow5NKwqp2WwCAmpkIz4yVmTQN1QOEx65ACLcBGAs/s1600/madrasah%2Bhebat.png

Breaking News

Prestasi dan Gedung SBSN Jadi Magnet Baru MAN Bangkalan

PRESTASI DAN GEDUNG SBSN JADI MAGNET BARU MAN BANGKALAN



MAN Bangkalan adalah satu-satunya madrasah Aliyah Negeri Favorit yang ada di Bangkalan Jawa Timur, madrasah ini sangat diminati masyarakat sekitar bahkan dari luar daerah, hal ini dikarenakan banyak prestasi yang telah diperoleh oleh madrasah ini, ditambah lagi setelah MAN Bangkalan mendapatkan bantuan Surat Berharga Syariah Negara ( SBSN ) saat ini fasilitas dan gedung madrasah ini semakin lengkap dan semakin baik menjadikan madrasah ini semakin menarik calon peserta didik untuk menimba ilmu di MAN Bangkalan.  


Drs. H. Moh. Ali Wafa, M.Pd.I selaku kepala MAN Bangkalan sangat bersyukur karena  MAN bangkalan telah menerima bantuan pembangunan melalui dana SBSN. Dia mengatakan bahwa MAN Bangkalan telah mendapatkan bantuan dana SBSN ini mulai tahun 2019 dan juga pada tahun 2020. Pada tahun 2019 MAN Bangkalan mendapatkan bantuan pembangunan Gedung Workshop Keterampilan kurang lebih dengan nilai 3,4 milyar. Kemudian pada tahun 2020 mendapat bantuan lagi yang berupa pembangunan Gedung Ruang Teori Keterampilan juga sama melalui dana SBSN.


Bapak Ali Wafa sangat bersyukur karena dengan adanya bantuan ini selain menjadikan fasilitas dan gedung madrasah menjadi lebih baik juga prestasi peserta didik menjadi lebih menggeliat dan meningkat dari segala lapisan terutama di bidang keterampilan yang menjadi icon dari bantuan itu sendiri, Dia mengatakan bantuan ini dapat memberikan nilai tambah kepada peserta didik untuk belajar lebih giat lagi sehingga dapat menghasilkan banyak kejuaraan mulai dari tingkat internasional, nasional dan tingkat provinsi apalagi di tingkat kabupaten dengan total kurang lebih 95 kejuaraan sebagaimana yang terlampir dalam narasi berikut ini.


Untuk meningkatkan mutu dari siswa dan untuk membedakan antara madrasah dengan sekolah umum di MAN Bangkalan ada Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) yang pada awal tahun 2019 sudah bisa di lounchingkan serta telah melahirkan kegiatan-kegiatan positif keagamaan seperti praktek 'Ubudiyah, Mu'amalah dll.


Di MAN Bangkalan ini juga telah tersedia Asrama / Ma'had khusus Siswa dan Siswi MAN Bangkalan yang salah satu programnya adalah satri atau siswa dipersiapkan untuk tahfidul Qur'an dan Mahir baca kitab kuning. Dan insyaallah kedepan madrasah ini akan ada perubahan dari jurusan keagamaan menjadi program keagamaan.


Kepala MAN Bangkalan mengatakan bahwa di madrasah ini telah mengikuti sistem SKS secara By School, sehingga semua siswa jurusan apapun di madrasah ini dapat menyelesaikan yang biasanya 3 tahun bisa menjadi 2 tahun sesuai dengan kemampuan dan program yang mereka ikuti. Dia juga mengatakan bahwa di MAN Bangkalan ini sudah menuju madrasah digital dan sudah dilounching sejak tahun 2019 kemarin.


Bapak Ali Wafa juga mengatakan bahwa MAN Bangkalan juga menjadi madrasah adiwiyata melalui pemerintah kabupaten bangkalan bekerjasama dengan dinas lingkungan hidup, Alhamdulillah ditingkat kabupaten MAN Bangkalan masuk juara 1 dan kemudian di provinsi masuk 5 besar. 


MAN Bangkalan ini juga dinobatkan sebagai Madrasah / Sekolah Ramah Anak dan telah mendapatkan sertifikat dari Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Jawa Timur . Disamping itu madrasah ini telah menuju madrasah riset. 


Kepala MAN Bangkalan mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak direktur KSKK yaitu Bapak DR. H. Ahmad Umar, MA atas segala pembinaan dan arahan sehingga Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan ini menjadi pilihan dan alternatif khususnya di kabupaten bangkalan dan umumnya menjadi madrasah pilihan di provinsi Jawa Timur. Dia mengatakan walaupun ditengah pandemi Covid 19 MAN Bangkalan tetap berbuat yang terbaik untuk kemajuan bangsa dan negara, untuk menjadikan Madrasah Hebat dan Bermartabat.

1 komentar: